Kamis, 18 Oktober 2012

Prosesor


Salam para Bloger semua, selamat bertemu kembali dipostingan berikutnya dari Dodiye Masih awaam.blogspot.com, di postikan saya kali ini akan membahas Prosesor , apa sieh itu prosesor ???

Naaah prosesor (processor) adalah sebuah chip yang berupa Integrated Circuit (IC) yang mengontrol seluruh sistem  kerja komputer dan digunakan sebagai pusat/otak dari kegiatan komputer dalam melakukan penghitungan dan menjalankan tugas input dan output PC tersebut. Prosesor terletak pada soket yang ada di motherboard. Kecepatan prosesor sangat mempengaruhi kecepatan komputer secara signifikan, karena benda ini adalah merupakan pusat pengolahan data. Prosesor saat ini sering disebut microprosesor karena ukurannya yang sangat kecil secara fisik namun, memiliki kecepatan proses yang lebih besar.






Prosesor terbagi menjadi 3 bagian :

1.Aritcmatics Logical Unit (ALU)
2.Control Unit (CU)
3.Memori Unit (MU)
Saya akan mencoba menjelaskan 3 bagian bagian prosesor di atas

       -Aritcmatics Logikal Unit atau sering kita sebut dengan (ALU) adalah salah satu bagian dalam dari sebuah prosesor/microprosesor yang berfungsi untuk melakukan operasi hitungan arimatika dan logika Contoh operasi aritmatika adalah operasi penjumlahan dan pengurangan, sedangkan contoh operasi logika adalah logika AND dan OR. tugas utama dari ALU (Arithmetic And Logic Unit)adalah melakukan semua perhitungan aritmatika atau matematika yang terjadi sesuai dengan instruksi program. ALU melakukan operasi aritmatika yang lainnya. Seperti pengurangan, pengurangan, dan pembagian dilakukan dengan dasar penjumlahan. Sehingga sirkuit elektronik di ALU yang digunakan untuk melaksanakan operasi aritmatika ini disebut adder. ALU melakukan operasi arithmatika dengan dasar pertambahan, sedang operasi arithmatika yang lainnya, seperti pengurangan, perkalian, dan pembagian dilakukan dengan dasar penjumlahan. sehingga sirkuit elektronik di ALU yang digunakan untuk melaksanakan operasi arithmatika ini disebut adder. Tugas lalin dari ALU adalah melakukan keputusan dari operasi logika sesuai dengan instruksi program. Operasi logika (logical operation) meliputi perbandingan dua buah elemen logika dengan menggunakan operator logika, yaitu:
a. sama dengan (=)
b. tidak sama dengan (<>)
c. kurang dari (<)
d. kurang atau sama dengan dari (<=)
e. lebih besar dari (>)
f. lebih besar atau sama dengan dari (>=)
       
          -Control Unit (CU) adalah Unit yang berfungsi untuk melakukan pengontrolan dan pengendalian terhadap suatu proses yang dilakukan sebelum data tersebut dikeluarkan (output). Selain itu CU menafsirkan perintah dan menghasilkan sinyal yang tepat untuk bagian lain dalam sistem komputer, mengatur kapan alat input menerima data dan kapan data diolah serta kapan ditampilkan dari program komputer.

         - Memori Unit (MU) adalah suatu Memory yang berfungsi sebagai alat penyimpanan data atau informasi pada system komputer. Penyimpanan data disini dapat bersifat sementara ataupun permanen, karena tergantung pada frekuensi pengambilan data tersebut.

Jenis jenis Prosesor :

berdasarkan intinya prosesor di bagi menjadi 2 yaitu :
pertama yaitu Single core yang hanya memilki bagian inti pemrosesan sebanyak satu buah saja. Prosesor ini adalah prosesor yang umum ada dibawah tahun 2004

kedua Multi core, yakni microprosesor yang memiliki bagian inti pemrosesan lebih dari satu. Umumnya berjumlah genap dan kelipatan dua. Misalnya dual core untuk dua inti, quad core untuk empat inti dan seterusnya.

Demikian tentang pengertian,bagian dan jenis-jenis Processor menurut pengetahuan saya. Semoga bermanfaat untuk kalian semua, selamat bertemu kembali di postingan berikutnya....

0 komentar:

Posting Komentar